Lighting Effect and shadow

Dua hal yang bertolak belakang, yang satu penyebab, yang lain akibat, ternyata jika disatukan mampu menciptakan karakter dramatis yang menarik. Itulah persisnya yang terjadi dengan cahaya dan bayangan (lights and shadow).

Dalam dunia lighting design, walaupun bicaranya tentang cahaya, bukan berarti harus terang sampai ke segala sudut ruangan. Bayangkan berada di ruangan yang seluruhnya terang benderang, apa yang Anda rasakan? Mungkin datar-datar saja, tidak ada gereget-nya. Si geregetinilah yang bisa dihasilkan, salah satunya, dengan permainan lights and shadow.

Permainan cahaya dan bayangan, yang paling umum kita lihat, adalah yang dibuat dengan menempatkan kisi-kisi di jendela. Saat cahaya matahari masuk, terciptalah bayangan di dinding atau lantai, yang terbentuk dari kisi-kisi tadi. Ini adalah cara yang paling sederhana, dan kebanyakan tidak disengaja juga.

Coba perhatikan di rumah Anda, di area-area yang kerap panas karena diterpa banyak cahaya matahari. Kalau ada jendela di sana, yang kebetulan diberi kisi-kisi atau teralis berpola menarik, Anda akan menemukan bentuk bayangan yang cantik, di lantai. Jika sebelumnya Anda belum pernah memperhatikan, maka temuan ini akan jadi kejutan.

Ada pula permainan cahaya yang memang direncanakan sebelumnya, untuk menciptakan elemen dekoratif alami, yang seru. Mengapa dikatakan seru? Pasalnya, untuk melihatnya tidak bisa setiap saat, hanya saat cahaya matahari cerah jatuh pada titik yang ditentukan. Misalnya, dengan membuat barisan tembok-tembok, yang ket

ika diterpa matahari akan menciptakan bayangan garis-garis di lantai. Lebih menarik lagi, garis-garis ini akan bergerak miring mengikuti pergerakan matahari. Menakjubkan!

Tidak hanya pada ruangan, efek lights and shadows kemudian banyak diadaptasi pada produk-produk lampu, terutama lampu tidur anak-anak. Pasti sebagian besar dari Anda pernah melihat lampu tidur yang ketika dinyalakan bisa menghasilkan bayangan-bayangan lucu di dinding kamar. Entah itu bayangan yang membentuk benda-benda langit, maupun hewan dan tumbuhan.

Seru, kan, bermain hubungan sebab-akibat dalam bidang lighting? Coba ciptakan permainan lights and shadow kreasi Anda sendiri

Sumber : Lumina blog

Tagged

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: