Pengetahuan Lighting Dasar

Basic Lighting Knowledge

Lumen (Lm)

Lumen adalah satuan Internasional dari luminous flux, yaitu besarnya cahaya yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya (Lampu)

Beam Angle [Satuan : Derajat]

Beam angle adalah besarnya derajat dari suatu sumber cahaya. Gunakan lampu dengan beam angle yang sempit apabila anda memerlukannya untuk menerangi suatu objek, dan gunakan angle yang lebar apabila anda memerlukannya sebagai sumber cahaya utama.

Candela (cd)

Candela adalah satuan internasional dari dari intensitas cahaya, ukuran dari sinar yang dipancarkan oleh suatu sumber cahaya pada arah tertentu.

Setiap sumber cahaya akan memiliki intensitas cahaya untuk yang berbeda untuk arah yang berbeda. Dengan kata lain, semakin besar beam angle yang dimiliki suatu sumber cahaya, maka intensitas cahayanya akan semakin kecil

LUX (lx)

Lux adalah satuan internasional dari sinar yang menyinari suatu bidang.

Lux is the international(SL)unit of illuminance, a measure of light arriving at a surface, 1 lumen per square foot equals 1 footcandle, while 1 lumen per square meter equals 1 lux .

[lux
= lumen/m2]

Color Temperature / Correlated Color Temperature(CCT)

Setiap perbedaan temperatur akan memiliki perbedaan warna sinar. Warna warm white (2,700-3,000 Kelvin), warna cool white (5,500-5,800 Kelvin), warna daylight (6,500 – 6,700 Kelvin)

Color Rendering Index(CRI)

Color Rendering Index adalah kemampuan dari suatu sumber cahaya untuk menghasilkan cahaya yang menyerupai cahaya dari sinar matahari (CRI = 100). Nilainya berkisar dari 0 hingga 100. Seakin besar nilainya, maka cahaya yang dihasilkan akan semakin menyerupai sinar matahari. Lampu LED dengan kualitas yang baik akan memiliki index CRI sebesar 80.

Efficacy(lm/W)

Eifficacy adalah tingkat efisiensi dari sebuah sumber cahaya untuk merubah listrik menjadi cahaya. Eifficacy diukur dari output lumen dibagi dengan power input watt. Semakin besar nilai Eifficacy yang dihasilkan, maka berarti lampu yang anda pilih semakin hemat energi. Apabila saat ini anda masih menggunakan lampu dengan konsumsi listrik yang besar dalam jumlah banyak, maka mulailah pertimbangkan untuk menggantinya dengan LED.

[Efficacy
= lumen / wattage]

Design Life Time

Design Life Time adalah nilai rata-rata dari sebuah produk lampu apabila dioperasikan dengan input voltage yang tepat dan stabil. Lampu LED dengan kualitas yang baik akan memiliki life time sebesar 30,000 jam

Dimmability

Tidak semua produk lampu didesign untuk bisa dioperasikan degan dimmer. Misalnya saja lampu hemat energy tidak didesain untuk bisa dioperasikan dengan dimmer. Apabila anda memerlukan lampu yang bisa dioperasikan dengan dimmer, pertimbangkan untuk menggunakan LED, karena beberapa type lampu LED memang didesain untuk dioperasikan dengan dmmer.

Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: