Kenalan dengan lampu LED

Lampu, sebuah alat yang ditemukan Thomas Alva Edison 1879 tanpa kita sadari sebenarnya merupakan salah satu alat paling penting dalam kehidupan kita. Bisa bayangkan bagaimana jadinya sehari tanpa adanya lampu? Gelap! Itulah yang dirasakan dan hampir tidak ada hal yang dapat dilakukan kita dengan sempurna apabila dalam keadaan gelap.
Zaman modern ini banyak teman yang beranggapan gadget yang mereka gunakan seperti Handphone,Netbook.Blackberry dan sejenisnya itulah yang paling penting dan mereka selalu update tentang gadget tersebut . Kalau mereka tidak update akan merasa ketinggalan zaman sekali namun ada satu alat / gadget yang sebenarnya tidak kalah penting dengan gadget yang kusebut di atas yaitu Lampu.
Okey, hampir semua teman kujamin memiliki pencahayaan lampu di rumahnya dan merasa lampu yang digunakan sudah cukup dan merasa nyaman dengan lampu yang sudah terpasang dari dulu. Sama halnya seperti gadget lain semacam Hp.Bb,Laptop yang selalu mengalami perkembangan, lampu pun juga begitu.Pertama kali ditemukan oleh Alva Edison sampai sekarang mengalami banyak berkembangan. Sebelumnya jenis lampu yang ku ketahui ialah Lampu Pijar, lampu neon, lampu semprong (bahasa banjar, he), lampu petromax, Lilin (kalau padam listrik) dan lain-lain. Namun ternyata aku baru mengetahui ada teknologi lampu terbaru yang keren yang namanya Lampu LED .
Sudah tahukah dengan teknologi tebaru Lampu Led. Apa keuntungannya bila menggunakan Led? . Beberapa pertanyaan itu mungkin muncul dibenak anda ketika pertama kali mendengar kata Lampu LED.
Led
Lampu LED
Kata LED merupakan singkatan dari Light-emitting diode (dioda cahaya) ialah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidak koheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi. Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat.
Lampu LED memiliki beberapa keunggulan dari lampu konvensional yang sebelumnya kita gunakan (neon,bohlam dan lainnya) sehingga lampu Led layak disebut sebagai lampu masa depan dan mulai digunakan dari sekarang.
Lampu Led
Beberapa Keuntungan yang didapat apabila menggunakan lampu Led ketimbang lampu nion / pijar :
  • Dengan menggunakan lampu LED kita bisa menghemat tagihan listrik karena tahukah anda kalau lampu pijar hanya bisa mengubah sekitar 8 % dari konsumsi listrik yang digunakan menjadi cahaya. Bandingkan dengan lampu LED yang bisa mengubah dua kali lipatnya yaitu sekitar 15-25% .
    • Led menghasilkan panas lebih sedikit. Dengan begitu selain hemat konsumsi listrik dari lampu juga hemat untuk konsumsi lsitrik pendingin.
    • Panas yang dihasilkan lampu yang sering kita gunakan selain tidak nyaman untuk mata juga bisa merubah warna dekorasi rumah. Apabila menggunakan Lampu Led hal tersebut bisa dihindari karena kualitas dari pencahaan lampu dan manajemen panas LED lebih baik.
    • Lampu LED bebas dari bahaya merkuri jadi sangat aman digunakan dimana saja. Hemmm menurutku di setiap lokasi umum harus beralih ke LED neh, he
    • Lampu LED jauh lebih tahan lama, 60 kali dari lampu pijar dan 10 kali dari lampu nion. 
    • Lampu LED memiliki desain yang elegan,bahkan bisa memperindah interior di ruangan.
    Selain keunggulan diatas, Lampu LED juga memiliki sedikit kelemahan yaitu harganya sedikit lebih mahal dibanding harga lampu biasa, namun dengan keunggulannya tersebut aku rasa lebih untung apabila menggunakan lampu LED. Terlebih lagi buatku seorang mahasiswa yang sedikit punya masalah pada MATA, jujur hampir setiap hari aku merasakan silau ditempatku bekerja, cahaya dari lampu Nion yang dipancarkan terlalu Lebay menurutku, he. Bahkan mungkin ini salah satu penyebab minusnya mataku.
    Dengan menggunakan lampu LED bisa menjaga kesehatan mata karena cahaya yang dihasilkan lebih sempurna plus lampu LED menghasilkan panas sangat sedikit, secara tidak langsung kita membantu melawan Global Warming. Membayar sedikit lebih mahal kurasa sangat sebanding dengan manfaatnya di masa depan dan suasana elegan serta nyaman dari lampu LED.
     

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s

    %d bloggers like this: